Agen Sbobet Online
AONQQ BWINQQ IDOLAQQ IBLISQQ
indonesian food

Kuliner Makanan Khas Cilacap

Ketika jalan-jalan ke Cilacap maka jangan lupa mencicipi makanan khas Cilacap. Di sini ada banyak makanan lezat dan murah serta halal. Selain itu juga, banyak wisatawan yang ketagihan ingin mencobanya lagi karena saking lezatnya.

Berikut ulasan singkatnya di bawah ini yang membahas mengenai makanan cilacap :

1. Tahu Masak

Hasil gambar untuk Tahu Masak

Sepintas wujud Tahu Masak seperti Kupat Tahu ala Cirebon, namun jika diperhatikan dengan seksama isi dalam sajian piringnya ternyata berbeda. Tahu masak ternyata tahu goreng yang diberi sayur mayur, yang diberi irisan kubis dan seledri. Rasa tahu masak terasa gurih, asam pedas, dan manis.

Harga seporsi Tahu Masak ini sekitar 10 ribu rupiah. Bisa didapatkan di sepanjang Jalan Cilacap. Karena pedagangnya lumayan banyak bertebaran di kota ini. Dijamin makanan ini lezat.

2. Brekecek

Hasil gambar untuk Brekecek

Makanan khas Cilacap Jateng ini berasal dari kata ‘Brek’ yang artinya jatuh, sementara kata kecek adalah nama bumbu dari makanan itu sendiri.

Brekcek adalah hidangan ikan yang diberi bumbu rempah, hingga rasanya mirip seperti rica-rica. Brekcek sudah menjadi makanan khas Cilacap, dan menjadi ikon kuliner di sana.

Konon katanya makanan ini adalah makanan tradisional warga setempat dan sudah menjadi hal yang lumrah kalau setiap rumah di Cilacap mengonsumsi ikan Brekcek.

Bumbu kecek menyerap sempurna ke daging ikan, karena proses pengukusan yang cukup lama. Cita rasa gurih, manis, asam dan pedas begitu terasa di kuahnya.Rasa kunyit yang berpadu dengan aroma serai menjadikan makanan ini sungguh lezat dan dicintai wisatawan.

3. Thempleng

Hasil gambar untuk Thempleng

Thempleng merupakan snak khas Cilacap yang sudah dikenal di wilayah lain di Indonesia. Orang menyebutnya sebagai rempeyek, tapi warga cilacap sudah mengenalnya dengan nama thempleng.

Thempleng di Cilacap memiliki variasi yang beragam seperti udah rebon, kacang hijau, teri, hingga kedelai. Semua jenis thempleng dijual bebas di pasaran dan awet jika dibawa bepergian. Anda bisa membawa camilan ini sebagai oleh-oleh.

4. Keripik Sukun

Hasil gambar untuk Keripik Sukun

Makanan khas Cilacap paling enak selanjutnya adalah keripik sukun. Makanan ini tergolong praktis sehingga cocok menjadi oleh-oleh.Rasanya renyah dan crispy membuat para turis atau warga Cilacap tidak pernah kapok mengonsumsinya.

Keripik sukun biasanya dijual di depot-deput penjual snack atau toko oleh-oleh. Jika beruntung, Anda bisa memesannya ke perorangan yang menjual keripik sukun secara mandiri. Harganya jauh lebih murah dibandingkan di toko.

Keripik sukun rasanya sangat gurih, lebih empuk daripada singkong apalagi jika potongannya dekat dengan bagian tengah. Rasa renyah dan gurihnya alami tanpa tambahan garam sekalipun.

5. Tahu Brontak

Hasil gambar untuk Tahu Brontak

Makanan khas Cilacap Jawa Tengah ini sangat mirip dengan tahu isi, hanya saja tahu brontak teksturnya lebih kering dari luar hingga ke dalamnya. Sebelum digoreng tahu brontak dicelupkan ke kuah santan yang dicampur dengan bumbu-bumbu halus.

Menemukan depot tahu bronak tidaklah sulit, biasanya warung tempe mendoan juga menyediakan tahu brontak dan menyajikannya saat masih hangat.

Rasa gurih kecambah dan kol yang berpadu dengan asinnya tahu pong membuat tahu brontak terasa sedap. Bumbu santan yang kemudian menjadi pelapis juga sangat nendang di mulut, wangi ketumbar dan merica mampu menghangatkan pencernaan dan seisi perut.


About BLOGGER

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.