Agen Sbobet Online
AONQQ BWINQQ IDOLAQQ IBLISQQ
indonesian food

Makanan Khas Sumatera Utara yang Terkenal Lezat

Bagi para pecinta kuliner, rasanya tidak lengkap bila melewatkan sajian khas nusantara. Terlebih jika itu merupakan makanan khas Sumatera Utara. Umumnya provinsi yang beribukota Medan terkenal dengan berbagai sajian kuliner yang begitu lezat. Namanya yang unik serta bikin penasaran.

1. Lappet

Gambar terkait

Lappet  atau kue lappet tidak jauh beda dengan ombus-ombus. Keduanya juga merupakan makanan khas tradisional yang berbahan baku tepung beras serta gula merah. Juga sama-sama dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan hanya dikukus. Hanya saja lappet menggunakan campuran santan kelapa, sehingga bentuk yang dihasilkan cukup berbeda.

2. Bika Ambon

Gambar terkait

Siapa diantara kalian yang masih belum mengenal Bika Ambon. Walaupun menggunakan kata Ambon, namun kue satu ini berasal dari Sumatera Utara. Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mengenal dan bahkan mencicipi makanan khas Sumatera Utara ini.  Bika Ambon biasanya disajikan dengan berbagai macam bentuk sesuai selera si pembuat. Kalau suatu saat kamu berkunjung ke Sumatera Utara, cobalah mampir ke kota Medan. Bika ambon banyak disediakan di kota tersebut dan juga dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

3. Sambal Tuktuk

sambal tuk tuk

Dari namanya saja sambal ini terdengar unik dan bikin penasaran. Berasal dari daerah Tapanuli Sumatera Utara, sambal ini memiliki rasa sangat berbeda dari sambal pada umumnya. Meskipun merupakan sambal, namun tuktuk dibuat dengan tambahan ikan aso-aso atau ikan kembung yang sudah dikeringkan. Sementara untuk bahan sambal, tidak jauh berbeda dengan bahan sambal pada biasanya. Yang membedakan adalah penambahan ikan aso-aso kering suwir dan tentunya andaliman.

4. Saksang

Hasil gambar untuk Saksang

Makanan khas Sumatera Utara berikutnya adalah saksang atau biasa juga disebut sangsang. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan baku daging babi atau daging anjing. Daging tersebut dicincang, kemudian dimasak menggunakan darah, rempah-rempah halus, serta santan. Saksang merupakan makanan khas Sumatera Utara yang berasal dari Batak ini merupakan menu wajib dalam acara-acara adat. Untuk kamu yang muslim, mungkin ini bukan pilihan menu yang tepat.

5. Manuk Napinadar

Gambar terkait

Makanan yang juga dikenal dengan istilah ayam napidanar ini merupakan salah satu jenis santapan yang biasanya ditemukan pada acara-acara adat. Proses pembuatan manuk napinadar termasuk sulit dan rumit. Pasalnya yang menjadi hal paling inti dari makanan satu ini adalah saos yang terbuat dari darah ayam. Karena itu untuk membuat manuk napinadar dibutuhkan kesabaran.

Cara pembuatannya dimulai dengan memanggang ayam sebentar, kemudian disiram menggunakan saos darah ayam. Setelah itu ayam dicampur dengan aneka bumbu halus yang biasanya terbuat dari bawang putih dan andaliman. Kemudian setelah tercampur merata, ayam dimasak sampai matang dan barulah siap untuk sajikan.


About BLOGGER

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.