Agen Sbobet Online
AONQQ BWINQQ IDOLAQQ IBLISQQ
indonesian food

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Bagi Kamu yang Hobi Kulineran

Selain menjadi tempat wisata yang menarik, Semarang juga memiliki aneka makanan khas yang tidak boleh kamu lewatkan. Mulai dari jajanan hingga dengan makanan berat.Semuanya terdapat di kota yang terkenal karena suhu dinginnya. Penasaran dengan makanan khas Semarang? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Aneka Jajanan Lezat

Kuliner khas Semarang tidak melulu soal makanan berat, namun juga soal jajanan yang lezat. Terdapat beberapa jajanan khas Semarang yang wajib untuk kamu coba ketika tiba di kota ini. Yang pertama ialah lumpia Semarang. Kemudian ada pisang plenet dan juga kue leker. Seperti apa jajanan ini dan bisa ditemukan di mana?

1. Lumpia Semarang

Hasil gambar untuk Lumpia Semarang

Ketika berbicara mengenai makanan khas Semarang, apalagi jika bukan lumpia? Makanan yang kerap disajikan sebagai jajanan pembuka ini umumnya dijual dalam bentuk lumpia kering di luar Semarang. Namun,, ketika kamu datang ke Semarang maka kamu bisa menemukan 2 jenis dari jajanan lezat ini.

Pertama adalah lumpia basah dan yang kedua adalah lumpia kering. Perbedaannya hanyalah di cara masaknya. Lumpia basah disajikan tanpa digoreng, cocok untuk kamu yang suka jajanan tanpa minyak. Sedangkan lumpia kering, sesuai namanya, dimasak secara goreng kering.

Lumpia khas Semarang ini biasanya diisi dengan rebung muda, udang, dan telur. Kamu bisa mencocol jajanan ini dengan saus khas yang lezat serta menggigit daun bawang segar sebagai penunjang rasa dari lumpia. Bila kamu ingin mengunjungi warung lumpia yang paling tua di Semarang, jangan lupa jalan ke Gang Lombok No. 11. Tempat ini adalah tempat makan lumpia legendaris yang tidak boleh dilewatkan oleh para traveller seperti kamu.

2. Pisang Plenet

Hasil gambar untuk Pisang Plenet


Selain lumpia, ada juga jajanan khas Semarang lainnya. Yaitu pisang planet. Sesuai namanya, pisang plenet ini disajikan dalam bentuk sandwich di mana semua isian dan tangkupannya adalah pisang yang dipipihkan. Rasanya tentu saja manis dan biasa dijual Bersama topping lezat seperti coklat atau keju parut. Harganya pun sangat murah, mulai dari Rp6.000 saja.

Pisang plenet ini bisa kamu temukan di berbagai sudut kota di Semarang, umumnya dimakan sambal jalan-jalan mengitari kota. Sangat cocok untuk traveller sepertimu. Kalau kamu mau mengunjungi tempat makan pisang plenet paling enak, kamu wajib datang ke Jl. Gajah Mada yang terletak di kota ini. Pasalnya, di jalan ini kamu bisa menemukan aneka tempat penjual pisang plenet yang mantap dan otentik khas Semarang.

3. Kue Sarang Madu

Gambar terkait

Kue yang satu ini sangat cocok untuk kamu penggemar makanan manis. Dibuat dari tepung beras, santan, dan gula, kue sarang madu adalah salah satu makanan kering yang menjadi andalan dari Semarang. Bentuknya mirip sarang, seperti namanya, di atasnya dioles gula merah yang manis. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Semarang juga dan bisa kamu temui di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh penjuru kota Semarang.

4. Moaci

Hasil gambar untuk Moaci

Kamu tahu makanan mochi khas Jepang? Nah, Indonesia pun memiliki mochi mereka sendiri yang diberi nama Moaci. Makanan ini persis seperti mochi Jepang, dibuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan gula dan kacang. Adonan ini kemudian ditumbuk kasar dan diluarnya ditaburi wijen.

Hasil akhirnya, seperti mochi campur onde-onde. Menarik, kan? Tektsturnya yang kenyal namun tidak susah dikunyah inipun membuatnya menjadi salah satu makanan paling digemari di Semarang. Hal yang perlu diperhatikan ketika kamu membeli moaci sebagai oleh-oleh adalah ketahanannya. Moaci hanya bertahan sekitar satu minggu, jadi sebaiknya setelah beli, segera berikan makanan tersebut ke orang yang ingin kamu kasih, ya.

5. Tahu Pong

Gambar terkait

Jajanan lainnya dari Semarang yang wajib kamu makan adalah tahu pong. Sesuai namanya, tahu pong ini adalah tahu kopong, alias tahu tanpa isi. Tahu pong ini umumnya dimasak dengan digoreng kering lalu disajikan Bersama cocolan petis udang yang encer plus acar dan cabai hijau membuat rasanya makin nendang. Jajanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai sudut kota Semarang, jadi kamu tidak perlu bingung untuk mencarinya.

About BLOGGER

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.