Agen Sbobet Online
AONQQ BWINQQ IDOLAQQ IBLISQQ
indonesian food

Makanan Khas Surabaya Paling Terkenal yang Wajib Kamu Coba

Gambar terkait

Kota Surabaya merupakan kota metropolitan kedua terbesar di Indonesia yang menyimpan banyak kekayaan kuliner khas yang wajib dinikmati oleh ShopBackers yang mampir ke sana. Makanan khas Surabaya terdiri dari bermacam-macam kuliner mulai dari aneka sate, bebek goreng hingga dessert es krim dengan resep turun temurun dan bubur tradisional.

Makanan khas Surabaya yang wajib kamu cicipi dan coba sendiri kelezatannya ada di daftar berikut ini. Simak ya dan pastikan untuk mencicipi salah satu atau semuanya ketika kamu mampir di Surabaya.

1. Sate Klopo Ondomohen

Hasil gambar untuk Sate Klopo Ondomohen Surabaya
Berkunjung ke Surabaya tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi lezatnya Sate Klopo Ondomohen yang terkenal dan telah ada turun temurun dari generasi ke generasi. Sate Klopo ini merupakan makanan khas Surabaya yang terletak di Jalan Walikota Mustajab atau yang dulunya disebut dengan Jalan Ondomohen. Di sepanjang jalan itu, kamu akan menemukan beberapa pilihan kedai yang menawarkan menu Sate Klopo.

Sate Klopo Bu Asih merupakan kedai Sate Klopo Ondomohen yang lebih dulu ada. Sate Klopo merupakan kuliner yang terbuat dari sate daging yang dilumuri dengan parutan kelapa dan bumbu sebelum dibakar yang membuat satenya jadi lebih gurih dan empuk. Ketika kamu mampir ke kedai ini, kamu harus bersabar karena kedai ini tidak pernah sepi pelanggan.

2. Warung Kepiting Cak Gundul

Gambar terkait

Makanan khas Surabaya berikut merupakan kuliner yang asalnya dari Pasuruan, Jawa Timur. Kepiting Cak Gundul merupakan warung makan yang menyediakan aneka pilihan menu seafoof yang telah ada sejak tahun 1992. Di Surabaya, kamu bisa mengunjungi outlet cabang Cak Gundul yang ada di Jalan Kupang Indah.

Kamu bisa mencoba menu Kepiting Bumbu Kare dan Kepiting Asam Manis yang merupakan menu andalan di Kepiting Cak Gundul. Kamu juga bisa menikmati pilihan menu lain dengan bahan kerang, ikan, udang, dan cumi-cumi. Kelezatan Kepiting Cak Gundul telah lama terkenal dan menjadikan outlet pusat dan outlet cabangnya selalu ramai dihampiri banyak pengunjung dan penikmatnya.

3. Tahu Tek dan Tahu Telor Pak Jayen

Gambar terkait

Tahu Tek merupakan makanan khas Surabaya yang dulunya dijakakan dengan gerobak dorong dan berkeliling. Nama Tahu Tek didapatkan karena bunyinya ketika penjual memotong telur dan tahu yang telah digoreng. Tahu Tek disajikan dengan irisan lontong, kentang, telur goreng, dan pastinya tahu goreng dengan siraman bumbu petis dan kecambah dan kerupuk udang yang diuleg bersama dengan kacang yang manis dan gurih.

Salah satu warung makan yang menawarkan menu Tahu Tek yang terkenal adalah Tahu Tek dan Tahu Telor Pak Jayen. Tahu Tek dan Tahu Telor Pak Jayen terletak di Jalan Dharmahusada dan bisa kamu kunjungi dari pukul 10 pagi hingga 12 malam. Kenikmatan Tahu Tek wajib kamu jadikan bucketlist berkuliner di Surabaya.

4. Nasi Campur Tambak Bayan

Gambar terkait

Makanan khas Surabaya yang wajib kamu cobain adalah Nasi Campur Tambak Bayan yang terletak di Pasar Wetan nomor 7. Kamu wajib datang pagi jika ingin menikmati Nasi Campur yang hangat dan buka mulai dari pukul 05:00 hingga 15:00. Nasi Campur Tambak Bayan merupakan hidangan yang menyajikan nasi hangat dengan mie putih, daging empal, dan telur yang telah dibumbui. Pastinya, menu ini akan cocok untuk kamu jadikan menu sarapan.

5. Tahu Campur Kalasan

Hasil gambar untuk Tahu Campur Kalasan

Tahu Campur merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba keunikan dan kelezatan rasanya. Tahu Campur adalah hidangan yang menyajikan kuah kental gurih manis dengan potongan tetelan dan kikil empuk dengan tauge, selada, dan perkedel singkong. Tahu Campur juga merupakan hidangan yang terjangkau dan sangat ramah kantong.

Salah satu warung makan yang menyediakan hidangan Tahu Campur terkenal dan menjadi favorit banyak orang adalah Tahu Campur Kalasan. Pastikan untuk menikmatinya bersama dengan sambal petis yang menambah kelezatan menikmati Tahu Campur. Kerupuk Udang yang ditaburkan di atasnya juga membuatnya menjadi favorit banyak warga di Surabaya.

6. Nasi Empal Pengampon

Gambar terkait

Makanan khas Surabaya satu ini juga wajib kamu cobain. Nasi Empal Pengampon, yang terletak di Jalan Pengampon II nomor 3, buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam. Nasi Empal Pengampon menyediakan nasi putih dengan empal suwir, kering tempe, tumis kacang, lalapan timun, daun kemangi, dan sambal. Lauknya yang telah ada banyak akan membuat sensasi berkulinermu terpuaskan dan dijamin kenyang.

7. Bubur Madura Pasar Atom

Hasil gambar untuk Bubur Madura Pasar Atom

Habis kenyang berkuliner gurih, saatnya kamu memanjakan lidahmu dengan hidangan manis. Surabaya menyimpan makanan khas Surabaya yang berasal dari pulau tetangga yaitu Pulau Madura. Hidangan manis satu ini merupakan makanan penutup tradisional yang wajib kamu coba yaitu Bubur Madura.

Bubur Madura yang paling banyak direkomendasikan adalah Bubur Madura Pasar Atom. Kamu akan menemukan banyak penjual Bubur Madura yang merupakan hidangan perpaduan bubur sumsum yang dituangi dengan sirup gula merah dan siraman santan yang gurih. Kamu juga bisa melengkapi hidangan satu ini dengan menambahkan ketan, klanting, mutiara, dan biji salak yang terbuat dari sagu kenyal dan manis. Seharian berkuliner pun akan terbayar jika ditutup dengan Bubur Madura Pasar Atom.

8.  Nasi Cumi Jalan Waspada

Hasil gambar untuk Nasi Cumi Jalan Waspada

Kota Surabaya memang surganya kuliner malam. Salah satu makanan khas Surabaya yang terkenal dan hanya hadir di malam hari adalah Nasi Cumi Jalan Waspada. Warung Nasi Cumi ini terletak di depan Pasar Atom di Jalan Waspada sesuai dengan namanya. Di sini, kamu bisa menikmati sajian lengkap Nasi Cumi yang dibanderol mulai dengan harga Rp15.000-an saja.

Di sini, kamu bisa menikmati Nasi Cumi Peyek, Nasi Cumi Campur, dan Nasi Cumi Komplit yang masing-masing menghadirkan masakan cumi hitam khas Madura. Nasi Cumi ini buka selama 24 jam dan menu yang paling laris adala Nasi Cumi Komplit yang berisikan cumi masak tinta, mie goreng, babat usus dan paru goreng, yang dilengkapi dengan sebutir telur dan tahu, dan sentuhan akhir gorengan peyek udang yang menambah lezat hidangan satu ini.

9. Sego Sambel Mak Yeye

Hasil gambar untuk Sego Sambel Mak Yeye

Salah satu makanan khas Surabaya yang terkenal adalah Sego Sambel Mak Yeye yang terletak di Jalan Jagir Wonokromo. Outlet Sego Sambel yang tidak pernah sepi ini menyajikan kuliner pedas dengan berbagai pilihan lauk khas penyetan. Meski baru buka mulai tengah malam hingga subuh, warung ini tidak pernah sepi pengunjung dan makin banyak penggemarnya.

Kamu bisa mencicipi lezatnya Sego Sambel dengan aneka lauk yang bisa kamu pilih mulai dari Rp15.000. Pilihan lauk yang bisa kamu pilih adalah iwak pe alias ikan pari panggang, telur dadar, dan tempe goreng. Kamu harus rela antri jika mampir ke tempat ini. Sensasi pedasnya akan bikin kamu ketagihan dan menggemari makan di Sego Sambel Mak Yeye.

10. Pecel Semanggi Suroboyo

Gambar terkait


Makanan khas Surabaya satu ini menawarkan kukusan Semanggi yang merupakan tanaman paku yaitu clover dengan tambahan daun papaya dan tauge yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih, manis, dan pedas. Pecel Semanggi khas Suroboyo ini bisa kamu temui di Kawasan Masjid Al Akbar dan di Area Taman Bungkul. Pecel Semanggi biasanya dijajakan oleh ibu-ibu yang duduk di pinggi jalan dari pagi hingga sore. Sensasi makan sayur kukus yang gurih dengan kerupuk puli akan membuat kamu makin kangen dengan Surabaya.

About BLOGGER

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.