Agen Sbobet Online
AONQQ BWINQQ IDOLAQQ IBLISQQ
indonesian food

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Enak dan Populer

Berwisata ke tanah Sunda, kurang lengkap bila kamu tidak mencoba makanan khasnya. Ya, ada banyak sekali rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang sangat popular. Walaupun makanannya seperti comro dan karedok dapat kamu temukan di tempat lain, akan tetapi memakannya di tempat asalnya tentu sangat berbeda.

Citra rasa yang ditawarkan makanan khas Jawa Barat tentu saja tidak akan kami dapatkan di tempat lain. Pasalnya, jenis makanan khas suatu daerah apabila dimakan langsung dari tempat asalnya akan diolah dengan cara yang tradisional sehingga mencipatkan rasa yang sangat otentik.

Kamu tentu akan menyesal jika tidak mencoba makanan khas Jawa Barat selagi berada di daerahnya. Sudah jauh-jauh ke tanah Sunda, eh tidak mencoba olahan khasnya. Tentu sangat disayangkan. Oleh karena itu, yuk coba rekomendasi olahan khas Jawa Barat yang harus dicoba. Makanan-makanan ini sangat lezat lho, dan dijamin bakal bikin kamu ngiler!

1. Comro

Gambar terkait

Makanan khas Jawa Barat ini mungkin sudah banyak dikenal Bahkan, bisa jadi kamu menemukannya di daerah lain. Ya, comro memang salah satu kuliner khas Jawa Barat yang sudah tersebar di beberapa daerah. Makanan ini berbentuk bulat dengan isian di dalamnya. Cara memasak comro adalah dengan digoreng.

Serpihan singkong tersebut juga bukan tanpa bumbu. Melainkan dibuat adonan yang ditambahkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit. Makanan ini biasanya disajikan sebagai camilan sore hari bersama dengan teh hangat. Ada juga pendamping comro, yang disebut misro. Misro ini juga terbuat dari adonan singkong. Namun isian di dalamnya adalah gula merah sehingga rasanya lebih manis.

2. Karedok

Gambar terkait

Makanan khas Jawa Barat berikutnya adalah karedok. Secara penampilan, karedok mirip dengan gado-gado yang populer di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari beberapa jenis sayuran segar yang disiram bumbu kacang di atasnya. Namun bedanya, karedok menggunakan sayuran mentah, alih-alih sayuran yang sudah direbus seperti dalam gado-gado.

Campuran sayuran yang segar dengan bumbu karedok yang gurih, manis, asam, merupakan perpaduan cita rasa nikmat yang akan membuat liur menetes. Jangan lupakan juga tambahan kerupuk bawang renyah di atas karedok agar suasana makanmu makin meriah.

3. Serabi

Hasil gambar untuk Serabi

Kuliner yang satu ini berasal dari salah satu kota yang ada di Jawa Barat, Bandung. Kota Kembang memang sudah lama dikenal dengan cita rasa serabi yang otentik karena proses memasaknya yang masih sangat tradisional. Adonan serabi yang terbuat dari tepung beras dimasak dalam sebuah tungku yang terbuat dari tanah liat. Tungku ini sebelumnya juga sudah dipanaskan dalam sebuah pembakaran yang masih sangat sederhana, menggunakan kayu dan api.

Sedangkan, serabi manis memiliki topping dan rasa lain seperti cokelat, durian, cokelat susu, dan yang lain. Kalau kamu mampir ke Bandung, pastikan untuk makan serabi yang masih asli dan otentik karena dijamin, rasanya beda dengan serabi yang biasa kamu makan di kota lain.

4. Tahu Sumedang

Hasil gambar untuk Tahu Sumedang

Tahu sumedang adalah tahu berbentuk kotak kecil yang digoreng hingga bagian luarnya renyah. Tahu ini sudah sangat terkenal seantero Indonesia karena banyak orang Sumedang yang keluar dari daerah asalnya dan menjajakan tahu sumedang ke kota-kota lain. Alhasil, tahu ini jadi banyak yang tahu dan sangat populer.

Di kota asalnya, tahu sumedang menjadi jajanan favorit warga lokal. Tahu ini memang teksturnya renyah dan gurih di bagian luar, namun sangat lembut di bagian dalam. Oh ya ShopBackers, yang membuat tahu sumedang berbeda dengan tahu lainnya adalah rasa asin gurih serta bagian dalam tahu yang kopong, seolah tanpa isi. Inilah yang membuat tahu sumedang istimewa dan banyak dicari.

5. Kupat Tahu

Hasil gambar untuk Kupat Tahu

Di Tasikmalaya, kalian bisa menemukan kuliner khas yang bernama kupat tahu. Kupat tahu di Tasikmalaya ini berasal dari daerah Singaparna. Meski begitu, sebenarnya ShopBackers bisa menemukan kupat tahu di beberapa daerah di Jawa Barat.

Satu porsi kupat tahu terdiri dari ketupat, potongan tahu goreng, potongan tempe goreng, dan tauge yang sudah direbus. Ada juga kupat tahu yang ditambahkan dengan sayuran seperti kubis dan irisan daung bawang. Setelah racikan bahan kupat tahu selesai, maka akan disiram dengan bumbu kacang. Di akhir, ditambahkan kerupuk bawang sebagai pelengkap sajian.

About BLOGGER

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.