Agen Sbobet Online
AONQQ BWINQQ IDOLAQQ IBLISQQ
indonesian food

Makanan Khas Jambi yang Enaknya Luar Biasa

Tidak lengkap rasanya apabila makanan Indonesia tidak memiliki rasa yang kuat. Makanan khas Jambi juga memiliki rasa yang beragam dan kaya akan rempah. Misalnya nasi gemuk, pempek sambal, dan lain-lain. Bagi kalian yang suka kuliner mengenyangkan, makanan-makanan berikut siap memanjakan lidah dan perutmu.

1. Nasi gemuk 

Hasil gambar untuk Nasi gemuk

Jika di Malaysia punya nasi lemak dan pulau Jawa memiliki nasi uduk, maka Jambi juga memiliki makanan yang mirip dengan kedua sajian tersebut, seperti nasi gemuk. Sesuai dengan namanya, nasi gemuk ini memiliki banyak sekali ragam lauk, mulai dari telur, kacang, ikan teri, tempe orek, telur balado dan lain-lain. Pokoknya lengkap. Kamu yang ingin sarapan kenyang dan lezat maka wajib membeli nasi gemuk ketika berada di Jambi, karena memang makanan ini kerap sekali disajikan sebagai menu sarapan bagi rakyat sana.

2. Pempek Sambal

Gambar terkait

Jika umumnya pempek disajikan dengan kuah cuka, pempek dari Jambi ini cukup berbeda. Alih-alih menggunakan kuah cuka, pempek ini justru menggunakan kuah sambal. Tidak heran bila pempek yang satu ini dinamakan sebagai pempek sambal.

Makanan khas Jambi ini merupakan campuran pempek pada umumnya (biasanya untuk sajian ini digunakan pempek berbentuk bulat seperti cireng bila di Jawa yang kenyal) lalu kemudian dicampur dengan sambal yang di dalamnya terdapat racikan daun jeruk dan daun kunyit.

3. Mie Celor

Hasil gambar untuk Mie Celor

Mungkin kamu bingung kenapa mie yang satu ini bisa ada di daftar makanan khas Jambi, padahal makanan ini juga populer di Palembang. Tidak salah, namun mie celor juga merupakan salah satu varian mie yang kerap menjadi andalan Jambi bila berbicara soal sajian dari tepung terigu ini.

Mie celor di Jambi mirip dengan yang ada di Palembang, yakni mie dengan kuah kental yang diberi topping tauge, daun sop dan seledri. Biasanya, kamu juga bisa menambahkan telur dan sambal untuk membuat sajian ini makin mengenyangkan. Namun jangan sampai kalap, karena satu porsi mie celor ini cukup mengenyangkan.


4. Kue Srikaya


Gambar terkait

Tidak sesuai namanya, kue srikaya bukan merupakan kue yang dibuat dari buah srikaya. Kue ini hanya diberi nama srikaya karena memiliki warna yang mirip dengan buah berbiiji banyak tersebut.

Kue yang menjadi makanan khas Jambi ini justru dibuat dari paduan tape santan yang kemudian diberi pewarna alami (daun pandan), sehingga warnanya hijau. Kamu yang suka kue dengan rasai manis asam, kue srikaya ini sangat cocok untuk kamu santap. Namun karena masa kadaluarsanya yang pendek, sebaiknya kamu tidak membeli kue in sebagai oleh-oleh.

5. Kue Padamaran

Hasil gambar untuk Kue Padamaran

Bila kue-kue khas pulau Jawa kerap dibuat dengan daun pandan, kue di Jambi beda lagi. Kue padamaran yang merupakan makanan khas Jambi ini justru dibuat dengan daun suji. Rupanya, sih, mirip dengan daun pandan, namun rasanya sedikit berbeda meski sama-sama manis.

Kue yang satu ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras, rasanya manis legit dan bisa membuat kamu yang gemar makanan manis ketagihan. Kue ini juga cocok untuk dibuat sebagai oleh-oleh, namun perlu diperhatikan masa kadaluarsanya karena kue padamaran merupakan kue basah.


About BLOGGER

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.