Agen Sbobet Online
AONQQ BWINQQ IDOLAQQ IBLISQQ

Kuliner Khas Temanggung, Lezatnya Gak Tanggung-tanggung

Temanggung merupakan kota yang berada di Jawa Tengah. Selain terkenal dengan tembakau, Temanggung juga memiliki kuliner lainnya yang tak kalah jauh dengan tembau. Kopi ini juga terkenal dengan memiliki nama yang unik dan nyentrik. Berikut 5 rekomendasi kuliner khas Temanggung saat berkunjung ke Temanggung.

1. Empis-empis

5 Kuliner Khas Temanggung, Lezatnya Gak Tanggung-tanggung


Belum lengkap rasanya jika sedang berkunjung di kota Temanggung belum mencicipi kuliner yang satu ini, yaitu empis-empis. Makanan ini adalah masakan berbahan dasar tahu, tempe, sayuran, cabe hijau, dan tetelan daging yang diolah dengan santan menggunakan bumbu komplit tampa diulek (dirajang). Secara tampilannya empis-empis ini mirip dengan sayur lodeh. Selain rasanya yang nikmat, tempe yang digunakan untuk membuat empis-empis bukan tempe biasa lho. Masyarakat Temanggung biasanya menggunakan tempe bongkrek, yaitu tempe yang terbuat dari kedelai dan ampas kelapa.

2. Ketan Gudig

5 Kuliner Khas Temanggung, Lezatnya Gak Tanggung-tanggung

Ketan Gudig adalah makanan spesial di Kota Temanggung karena selalu disajikan saat hajatan atau perayaan. Makanan ini terbuat dari kacang gelandang dan beras ketan. Seperti namanya, makanan ini memiliki bentuk dan warna yang bertotol-totol hitam seperti kulit yang terkena penyakit gudig. Meskipun namanya unik dan terkesan menjijikkan, Ketan Gudig banyak disukai karena rasanya yang sedap, manis, gurih menjadi satu dimulut dan juga Ketan Gudig menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan.

3. Bajingan

5 Kuliner Khas Temanggung, Lezatnya Gak Tanggung-tanggung

Nama makanan khas Temanggung yang satu ini terdengar sangat ekstrem, yaitu Bajingan. Nama makanan ini diambil dari istilah supir gerobak sapi di Jawa Tengah dan Yogyakarta yang disebut Bajingan. Meskipun namanya terdengar kasar, Bajingan khas Temanggung ini memiliki tekstur yang halus dengan rasa yang manis. Bajingan ini terbuat dari singkong yang dimasak dengan gula merah, santan kental, dan daun pandan. Sebagai bahan utama Bajingan, singkong yang digunakan adalah singkong yang berkualitas dengan tekstur empuk.

4. Sego Gono

5 Kuliner Khas Temanggung, Lezatnya Gak Tanggung-tanggung

Sego Gono adalah makanan khas Temanggung yang terbuat dari nasi, dicampur dengan daun lembayung, kacang panjang, kelapa dan ikan teri. Karena racikannya, tampilan Sego Gono memang terlihat kurang menarik, tapi jangan salah, rasanya yang lezat dan gurih dari Sego Gono, membuat Sego Gono selalu menjadi incaran para wisatawan yang datang ke kota Temanggung. Sego Gono biasanya disajikan dengan kentang dan jeroan sebagai lauknya dan daun pisang sebagai alas piringnya, semakin menambah ke khasan dan kenikmatan dari Sego Gono. Buat kamu yang belum mencoba nikmatnya rasa dari Sego Gono, dijamin akan ketagihan saat kamu mencobanya.

5. Ndas Borok

5 Kuliner Khas Temanggung, Lezatnya Gak Tanggung-tanggung

Jika kita mendengar atau menyebutkan kata Ndas Borok pasti sudah terbesit suatu penyakit, tetapi tidak jika di kota Temanggung, karena Ndas Borok adalah nama dari Makanan khas Temanggung. Ndas Borok jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah kepala borokan. Dinamakan Ndas Borok karena tampilannya seperti kepala yang borok. Ndas borok adalah makanan yang terbuat dari parutan kelapa dan singkong yang di atasnya ditaburi gula jawa yang meleleh ketika dikukus.

About BLOGGER

1 komentar:

  1. Selamat datang di situs poker terbaik di asia
    Utamadomino .com bagi bagi bonus untuk member yang rajin bermain di Utamadomino .com
    Utamadomino .com menyediakan bonus Rollingan dan bonus Referal
    - Bonus Rollingan 0.3%
    - Bonuss Referal 20%
    Utamadomino .com menyediakan 8 game untuk 1 user id
    domino99 || play poker || sakong || capsa susun || bandar poker || bandarq || aduq|| new game bandar66
    - Minimal deposit 20.000
    - Minimal withdraw 20.000

    Silahkan bisa hubungi kami
    - WA +6282131460312
    - LINE utamadomino99
    - Live Chat Utamadomino .com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.