Agen Sbobet Online
AONQQ BWINQQ IDOLAQQ IBLISQQ
indonesian food

Cicipi 5 Makanan Tradisional Jawa yang Enak Ini !

Setiap daerah tentu memiliki ciri khas makanan yang unik dan berbeda terlebih lagi makanan tradisional yang masih memiliki bumbu rempah yang khas. Untuk memperolehkan makanan nusantara tersebut tentu akan lebih nikmati jika disantap langsung dari asal daerahnya. Namun ada beberapa daerah yang makanan tradisional sekarang sulit dijumpai.

1. Mie lethek

Makanan Tradisional Jawa

Mie Lethek merupakan makanan khas dari Yogyakarta. Makanan ini memiliki warna yang kusam, dalam bahasa Jawa disebut “lethek”. Oleh karena itu mie ini dikenal juga dengan sebutan mie lethek. Tidak seperti makanan khas Jawa lainnya yang sering kita temui di berbagai daerah lain, mie lethek ini cukup susah ditemukan. Sabung Ayam Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Jogja akan ke daerah bantul untuk mencicipi langsung mie lethek ini.

Berbahan dasar dari tepung tapioka dan gaplek, diolah secara tradisional tanpa pewarna makanan dan bahan kimia lainya. Mie lethek biasa dimasak di atas tungku anglo berbahan bakar arang batok kelapa kemudian dicampur dengan beraneka bumbu dapur. Jika sudah diolah, mie berwarna kusam ini menjadi sangat menggoda selera.

2. Grontol jagung

Hasil gambar untuk Grontol jagung

Makanan tradisional ini berbahan dasar jagung manis yang berasal dari Jawa Tengah atau yang sering dikenal sebagai brondong jagung. Pengolahannya dengan merebus jagung manis, kemudian ditaburi dengan parutan kelapa dengan gula pasir. Grontol jagung saat ini semakin sulit ditemui, apalagi banyaknya olahan yang mirip dengan grontol jagung dijual di pasaran. Biasanya diolah dengan keju, susu, atau cokelat. Padahal pengolahan asli grontol jagung itu sendiri tidak kalah nikmat loh.

3. Kue kipo

Gambar terkait

Kue kipo merupakan kudapan enak yang berasal dari Kotagede. Memiliki bentuk lonjong dan teksturnya yang kenyal serta warna kehijauan dengan isian gula Jawa yang menguggah selera. Wah lezat sekali apalagi jika disajikan dalam keadaan yang hangat! Sabung Ayam Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras yang juga dicampur dengan tepung ketan. Untuk adonannya, dicampur dengan parutan kelapa, daun suji dan pewarna hijau alami seperti daun pandan.

4.  Orem-orem

Hasil gambar untuk Orem-orem

Merupakan makanan khas yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Isian dari makanan ini ialah irisan tempe, potongan ketupat, ayam serta sedikit sayuran seperti kecambah yang dimasak menggunakan kuah kental. Bara api yang digunakan memberikan aroma pada bumbu yang membuat makanan semakin nikmat. Pada dahulunya, makanan ini disajikan di beberapa hajatan namun saat ini hanya ada beberapa tempat yang menjual orem-orem di Malang.

5. Clorot

Makanan Tradisional Jawa

Clorot merupakan jajanan khas dari Purworejo yang dibuat dari adonan tepung beras dan gula merah yang dikukus. Clorot juga memiliki tekstur kenyal serta rasanya yang manis. Sabung Ayam Selain rasanya yang khas, kemasan untuk membungkus clorot juga sangat unik. Bungkusnya terbuat dari daun kelapa muda yang dibuat kerucut, melingkar dan memanjang dan tengahnya berisi adonan.

About BLOGGER

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.